Krisis Air Nunukan, Gubernur Perintahkan Distribusi Untuk Warga Dan Rumah Ibadah

KALTARAONE.COM, NUNUKAN – Gubernur Kalimantan Utara, H. Zainal Arifin Paliwang, mendistribusikan bantuan air bersih kepada warganya di Pulau Nunukan yang mengalami kekeringan sejak sepekan terakhir.

Respons Gubernur ini dilakukan setelah menerima laporan soal krisis air bersih yang terjadi akibat keringnya embung Bolong yang menjadi sumber produksi air Perumda Air Minum Tirta Taka Nunukan.

“Saat ini kita telah mulai menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Nunukan yang membutuhkan. Setidaknya ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih sambil menunggu distribusi PDAM normal,ujar Gubernur, saat dihubungi melaui telepon, Rabu (21/12).

Dia menekankan distribusi juga dilakukan di rumah-rumah ibadah yang mengalami krisis air.

“Jadi selain untuk warga saya juga perintahkan agar rumah ibadah juga diberikan,” tambahnya.

Berdasarkan laporan yang diterima, kekeringan yang terjadi berdampak pada antrean armada penyalur di depo yang menyediakan air bersih.

“Untuk dropping sudah ada beberapa mobil yang disiapkan, cuma memang di tempat pengisian juga harus antre, jadi mohon warga bersabar,” kata Zainal.

Terakhir, Gubernur berpesan kepada masyarakat Kaltara khususnya warga Nunukan, untuk tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

“Ini peringatan untuk kita semua, untuk mengatasi krisis air, penting sekali kita menjaga alam kita,” tutupnya. (*)