Warga Antusias Saksikan Balap Perahu dan Ketinting ‘Festival Sungai Kayan’

KALTARAONE.COM, TANJUNG SELOR – Lomba Perahu Dayung dan Ketinting pada gelaran ‘Festival Sungai Kayan’, mampu menarik ratusan pasang mata yang menyaksikannya.

Terlihat para penonton tumpah di sepanjang tepian Sungai Kayan, bahkan ada yang rela berpanas-panasan demi melihat langsung aksi para peserta lomba.

Antusias dari para penonton diharapkan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat disekitar yang menjual beragam produk makanan, produk lokal maupun aksesoris.

Demikian disampaikan Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A. Paliwang,S.H., M.Hum saat hadir sekaligus membuka secara langsung Festival Sungai Kayan di Pelabuhan Speedboat VIP, Tanjung Selor, Sabtu (3/12/2022).

Atas nama pribadi dan Pemprov Kaltara, Gubernur Kaltara mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya festival ini. Menurutnya, selain merupakan agenda tahunan dalam memeriahkan HUT ke-10 Provinsi Kaltara, ini juga akan menjadi potensi luas biasa dalam menghidupkan olahraga masyarakat berbasis budaya.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih saya ucapkan. Selain upaya dalam menghidupkan olahraga masyarakat berbasis budaya, diharapkan terlaksananya festival ini juga akan meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Kaltara,” kata Gubernur, Zainal Arifin Paliwang.

Gubernur menyampaikan rasa bangga kepada seluruh masyarakat, karena Sungai Kayan dapat dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, dirinya turut mengajak masyarakat untuk menjaga atas anugerah yang berlimpah atas keindahan alam yang masih alami.

“Saya berharap Pemkab Bulungan dan seluruh masyarakat Bulungan dapat mengolah Sungai Kayan ini dengan baik, yang bukan tidak mungkin akan sangat bisa kita jadikan potensi wisata kedepannya”, harapnya.

Gubernur Kaltara juga berharap agar kegiatan olahraga Perlombaan Balap Perahu Dayung dan Ketinting seperti ini dapat secara rutin laksanakan, agar kelak dapat melahirkan bibit-bibit baru yakni atlet perahu dan ketinting yang unggul yang dapat berlaga diajang nasional maupun internasional.

“Selamat bertanding, tetap menjunjung tinggi sportifitas dan profesionalisme dengan cara menunjukkan performa terbaik dalam meraih kemenangan,” pungkas Gubernur.

Adapun yang menghadiri kegiatan ini diantaranya, Ketua DPRD Kaltara, Albertus Stefanus Marjanus, S.T., Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara Dr H Suriansyah, M.A.P., Asisten 2 Perekonomian dan Pembangunan Dr Bustan SE.,M.Si., jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Kaltara, unsur forkopimda Bulungan dan Provinsi Kaltara serta masyarakat Kabupaten Bulungan.

Sebagai informasi, perlombaan balap perahu dayung dan ketingting Festival Sungai Kayan, diikuti beberapa daerah dari dalam maupun luar daerah. Dimana setiap peserta atau tim dibagi menjadi beberapa grup dan kelasnya. (dkisp)