RAKERNAS 2022 KSBSI Dibuka Wamenaker Afriansyah Noor

KALTARAONE.COM, JAKARTA – Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor resmi membuka agenda Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) di Golden Boutique Hotel Jakarta Pusat, Senin (11/7).

Kedatangannya langsung disambut Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI, Dedi Hardianto Sekretaris Jenderal KSBSI beserta jajaran pengurus KSBSI. Dengan tema tahun ini ‘Kontrak Sosial Baru Memastikan Perlindungan Sosial dan Transisi Yang Adil’.

Dalam sambutannya, Afriansyah Noor mengatakan sangat senang bisa hadir dalam agenda RAKERNAS KSBSI Tahun ini. Dia menyampaikan baru 1 bulan dilantik menjadi Wamenaker. Setelah dilantik di Istana, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memerintahkannya untuk rutin berdialog serta membangun relasi dengan serikat buruh.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada KSBSI yang telah mengundang di acara pembukaan RAKERNAS KSBSI tahun 2022. Dan saya mengucapkan selamat kepada Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI yang terpilih sebagai chair (ketua) Presidensi Labour G 20,” ucapnya.

Lebih lanjut, Wamenaker berharap agenda RAKERNAS yang digelar dapat melahirkan gagasan, serta keputusan ketenagkerjaan yang bermanfaat untuk buruh Indonesia. Kondisi pandemi Covid-19 Indonesia mulai menurun. Namun pemerintah berharap agar semua masyarakat masih tetap waspada.

“Saya juga mendapat pesan dari ibu Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) supaya lebih intens berdialog dengan KSBSI dalam agenda sosial dialog. Agar kedepannya bisa menciptakan hubungan industrial yang lebih harmonis,” tuturnya.

Afriansyah Noor meminta Kemnaker dan KSBSI semakin bersinergi. Saling bergotong royong untuk mendukung pemerintah dalam menyukseskan program pemulihan ekonomi Indonesia.

“Saya berkomitmen untuk membuka pintu kalau kawan-kawan pengurus KSBSI ingin diskusi untuk melahirkan gagasan tenaga kerja yang terampil di era industri 4.0,” ucapnya.

Setelah memberikan sambutan, Wamenaker membuka agenda resmi RAKERNAS KSBSI, di dampingi Indah Anggoro Putri Dirjen PHI Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Hariyadi B. Sukamdani Ketua Umum APINDO, Adi Mahfudz Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan KADIN, Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI, Dedi Hardianto Sekretaris Jenderal (Sekjen) KSBSI, Rekson Silaban MPO KSBSI, Stijn Sintubin Koordinator ACV/ICC wilayah Asia, Irham Ali Saifuddin perwakilan ILO Jakarta dan Timor Leste.

RAKERNAS sudah menjadi kewajiban yang diadakan setiap tahun oleh KSBSI. Markus Sidauruk Ketua Panitia dan Deputi Presiden KSBSI dalam laporannya, mengatakan tujuan RAKERNAS untuk mengevaluasi organisasi dan merancang program KSBSI kedepannya.

RAKERNAS dihadiri Koordinator Wilayah (Korwil) KSBSI dari berbagai daerah, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Federasi Serikat Buruh yang berafiliasi dengan KSBSI.  (A1/Dj).

Sumber : ksbsi.org