Kehadiran ASPPINDO Diharap Mampu Gerakkan Ekonomi Kaltara

KALTARAONE.COM, TANJUNG SELOR – Sebanyak 24 anggota Dewan Pengurus Asosiasi Pengusaha Perbatasan Indonesia (ASPPINDO) Kalimantan Utara (Kaltara) telah dilantik dan dikukuhkan oleh Gubernur Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum, Selasa (14/6).

Sebagai mitra pemerintah, Gubernur berharap ASPPINDO dapat menjalin sinergisitas antara pemerintah dengan para pelaku usaha dan pelaku industri perbatasan. Ia mengajak seluruh pengurus dewan untuk bahu-membahu menggerakkan roda perekonomian di Kaltara.

ASPPINDO yang menjadi wadah para pengusaha di perbatasan ini diingatnya untuk tidak hanya mengejar keuntungan semata. “Berusaha memang harus ada untung, kalau rugi tidak usah usaha. Tapi utamakan kebutuhan sembilan bahan pokok dan melayani masyarakat di perbatasan,” pesannya.

Gubernur yakin bahwa ASPPINDO akan mampu meningkatkan perannya agar perekonomian menjadi semakin baik dan bertumbuh yang ditandai semakin besar inisiatif dan kepedulian dari pengurus.

Pasca pandemi COVID-19, perekonomian semakin berkembang diiringi dengan berjalannya pembangunan infrastruktur di Kaltara. Upaya untuk membangun masyarakat diharapkan semakin menyeluruh sehingga kesejahteraan semakin nyata di perbatasan.

Lahirnya ASPPINDO menjadi wadah untuk menghimpun semua pengusaha perbatasan. “Jadi kalau ada pengusaha yang belum masuk diajak untuk bergabung sehingga lebih luas untuk melayani masyarakat perbatasan,” imbuhnya.

Ia juga berharap ASPPINDO menjadi pelopor terbentuk ASPPINDO di provinsi yang memiliki wilayah perbatasan negara. Organisasi ini juga telah dipantau oleh Menteri Perekonomian Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

“Mungkin ini yang pertama. Mudah-mudahan tujuh provinsi yang memiliki perbatasan segera membentuk ASPPINDO dan memiliki induknya nanti. Mudah-mudahan inisiasi ini berkembang lebih baik,” katanya.

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Dr. H. Suriansyah, M.AP, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Bustan, S.E.,M.SI, para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Kaltara, dan Forkopimda.

ASPPINDO adalah organisasi yang menaungi para pengusaha di perbatasn yang terbentuk sejak tahun 2019 dan tahun 202 telah menjadi Anggota Luar Biasa Kamar Dagang dan Industri Kaltara. Resmi menjabat sebagai Ketua Umum Novliana Tulan, S.Pd.K. (dkisp)