Peduli Jalan Rusak, Masyarakat Tarakan Utara Lakukan Perbaikan Secara Swadaya

0
Perbaikan Jalan secara swadaya oleh masyarakat Juata : Foto Istimewa

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Bulan suci Ramadan biasa diisi berbagai macam kegiatan yang bernilai ibadah oleh kelompok masyarakat, karena pahalanya akan di lipatgandakan Allah SWT.

Begitupun halnya yang dilakukan kelompok masyarakat di kecamatan Tarakan Utara, Kota Tarakan. Sebagai bentuk kepedulian, secara swadaya bahu membahu melakukan perbaikan jalan di sepanjang Jalan Aki Balak, yang menjadi akses utama masyarakat Juata menjalankan aktivitas, mereka terlihat sangat antusias walaupun kondisi berpuasa, Rabu (13/04/22).

Irawansyah di dampingi Kristianto dan Babinsa : Foto Istimewa

Irawansyah, S.E koordinator kegiatan mengatakan, pelaksanaan perbaikan jalan sudah direncanakan sebelum bulan Ramadan. Berawal dari obrolan ringan dengan beberapa rekannya, mereka merasa terpanggil untuk membantu beberapa keluhan masyarakat, walaupun dengan perbuatan yang dianggapnya kecil.

“Di bulan Ramadan ini niatnya hanya ingin ibadah, tidak lain. Kami prihatin dengan kondisi jalanan di sini (Juata). Semampunya dana kami kumpulkan, untuk memperbaiki beberapa lubang jalan dengan campuran semen Bu Mix. Karena untuk memperbaiki seluruhnya pasti butuh biaya besar”, ujarnya kepada kaltaraone.com.

Irawan, panggilan akrabnya mendengar, ada rencana pemerintah untuk memperbaiki jalan secara permanen. Tetapi Irawan dan beberapa rekannya lebih mengutamakan kepentingan dan kenyamanan masyarakat menjelang lebaran nanti. Oleh karena itu bersama Kristianto, sebagai koordinator anggaran serta beberapa tokoh masyarakat berjibaku mencari donator agar bisa mencukupi pelaksanaan kegiatan.

Lokasi jalan Aki Balak

“Allhamdulilah bersama mas kristianto, karena orangnya gesit dan peduli. Untuk pelaksanaan pertama ini terkumpul dana para donator sekitar 8 juta, dari 4 Rukun Tetangga (RT) di Juata. Kami ingin membantu masyarakat, khususnya daerah juata. Jangan sampai di biarkan nanti jalanan semakin parah, dan juga untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Paling tidak masyarakat merasakan jalan yang sedikit layak untuk dilewati. Selain menunggu pemerintah, dari kitapun harus ada inisiatif”, jelas Irawan.

Agenda kedepan, minggu ke tiga bulan Ramadan masih ada beberapa titik yang akan di kerjakan dan membutuhkan partisipasi bersama masyarakat.

Di lokasi kegiatan, Kristianto koordinator anggaran mengatakan, bahwa dirinya yakin pemerintah peduli dengan masyarakatnya. Hanya saja melalui tahapan dan proses, karena dana yang dipergunakan milik masyarakat, sehingga harus betul-betul terencana dengan baik.

“Kita tetap berharap pada pemerintah yang punya kewenangan, hanya kan melalui prosedur dan perlu waktu. Pasti sudah dipikirkan. Informasi yang saya dapat tahun ini sudah dikerjakan, nah sambil menunggu itu kita bergerak membantu masyarakat, semampunya”, ungkap Kris.

Dengan dana terkumpul yang telah di pergunakan pada pelaksanaan pertama, pihaknya mempersilahkan bila ada masyarakat yang ikut tergerak serta peduli, dengan berpartisipasi membantu dalam hal biaya. Dengan menghubungi nomor telepon Irawansyah 0811533222 atau Kristianto 085246122284.

“Ini murni gerakan masyarakat tidak melibatkan pejabat pemerintah, sambil menunggu satu minggu ke depan, kami akan mencari donator lagi. Seberapa kami dapat itulah yang dipergunakan. Anggaplah sedekah guna membantu sesama, Insya Allah berkah. Bagi masyarakat yang ingin membantu bisa menghubungi kami. Kita akan jemput bola”, tutup Kristianto. (Joe)