Pemuda Ikatan Keluarga Toraja Kota Tarakan, Gelar Pemilihan Secara Langsung

0
Peserta PEMIKAT Kota Tarakan : Foto Kaltaraone.com

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Pemilihan Pengurus PEMIKAT (Pemuda Ikatan Keluarga Toraja) Kota Tarakan diikuti puluhan peserta secara langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di Embung Persemaian, Senin (28/02/2022).

Daud Buttu, Ketua IKAT (Ikatan Keluarga Tana Toraja) Kota Tarakan menyampaikan pada Kaltaraone.com keberadaan PEMIKAT sudah berdiri selama tiga tahun, pembentukannya bertujuan untuk menyatukan gagasan dari banyaknya aspirasi pemuda Tana Toraja.

“Tujuan utama keberadaan PEMIKAT agar Pemuda Toraja bersinergi dengan Pemerintah dan pilar pilar lain yang ada di Kota Tarakan, menjalin komunikasi yang baik, dalam mengawal pembangunan dan menjaga kerukunan”, jelasnya.

Daud mengharapkan PEMIKAT akan terus mengisi kegiatan positif, kreatif khususnya Pemuda Toraja dalam mengenalkan budaya Toraja kepada mereka yang lahir di negeri orang (Tarakan-red).

Dalam Rapat Pleno Pemilihan, banyak masukan pemuda pemudi Toraja pada saat pembahasan Tatib Pemilihan, Daud Buttu menilai adalah hal yang wajar dan seharusnya begitu.

Pimpinan Sidang Rapat Pleno PEMIKAT

“Masukan dan keritikan memang sesuatu yang dibutuhkan agar organisasi berkembang lebih baik, apalagi 90% anggota PEMIKAT adalah sarjana dari berbagai disiplin ilmu dan itu adalah aset kita yang akan di jaga dan terus dikembangkan”, tuturnya.

Sementara itu, Yohanes Patongloan, S.H selaku ketua Panitia Rapat Pleno PEMIKAT menjelaskan walaupun persiapan pemilihan pengurus selama dua minggu, diharapkan terpilih Pengurus PEMIKAT yang Inovatif dan berkreasi, baik secara internal dan juga eksternal.

“Dalam Pemilihan ini banyak peranan dari pengurus IKAT Kota Tarakan sehingga komunitas pemuda Toraja kedepan akan kita inventarisir semua, sehingga bila timbul masalah hukum, sosial akan cepat diakomodir”, jelas Yohanes yang juga Lurah karang Anyar Pantai.

Yohanes menjelaskan pemilihan PEMIKAT diikuti perwakilan pemuda dari 9 sektor di Tarakan dengan jumlah keseluruhan 8000 orang pemuda Tana Toraja.

“Kami menghantarkan sesuai kesepakatan panja kemarin setiap sektor diwakili 10 orang peserta perwakilan, untuk memilih Ketua Sekretaris Bendahara PEMIKAT periode 2022-2025 dan ketua terpilih dapat melengkapi susunan pengurus”, tutup Yohanes. (J-One)