Siap Jadikan Kaltara Wilayah Lumbung Pangan IKN

0

KALTARAONE.COM, JAKARTA – Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal (Purn) Dr Moeldoko resmi melantik pengurus DPD HKTI Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, pada Jumat sore (4/2).

Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang yang juga selaku ketua DPD HKTI Kaltara mengatakan, bahwa HKTI merupakan organisasi sosial dengan cakupan nasional yang berdiri sendiri dan mandiri yang memiliki peran penting terhadap memajukan insan tani.

“Memberdayakan insan tani, komoditas usaha tani dan percepatan pembangunan pertanian serta menjadikan sektor pertanian sebagai basis pembangunan nasional,” buka Gubernur Zainal dalam sambutannya.

Gubernur Zainal menyatakan kesiapannya dalam melaksanakan tugas-tugas organisasi bersama dengan segenap pengurus HKTI Kaltara dengan baik.

“Sebagaimana pemangku amanah kami (HKTI Kaltara, red) siap menjalankan roda organisasi dengan sebaik-baiknya,” tegas orang nomor satu di Kaltara itu.

Ia menjelaskan, agenda ke depan yang akan menjadi prioritas HKTI Kaltara adalah upaya untuk meningkatkan produksi pertanian yang dalam hal ini meliputi tanaman pangan dan perkebunan.

“Ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kaltara, khususnya bagi para petani,” jelasnya.

Ia menuturkan, demi mewujudkannya maka HKTI Kaltara akan bersinergi dengan pihak-pihak dalam mengembangkan dan memajukan pertanian. Tentunya dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berbasis agrobisnis di Bumi Benuanta.

“Mulai dari pembangunan hulu sub-sistem pembudidaya hingga hilir dengan didukung berbagai unsur penunjang kerja sama yang baik akan selalu kami (HKTI Kaltara, red) bangun guna mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern,” tuturnya.

Untuk diketahui Kaltara merupakan salah satu provinsi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yang berada di Kalimantan Timur (Kaltim). Gubernur Zainal optimis Kaltara siap dan akan mengoptimalkan peluang khususnya di bidang pertanian dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan di IKN nantinya.

“Dan Provinsi Kaltara salah satu provinsi penyangga IKN sudah siap bersama seluruh masyarakat Kaltara,” ucapnya.

“Semoga dengan kepengurusan baru ini kita dapat bersinergi dengan pemerintah provinsi Kaltara guna memajukan petani dan pertanian seluruh wilayah Kaltara,” tambahnya. (el.r/dkisp.kaltara)