Gubernur dan Bupati Jajal Sirkuit Balap Bumi Rahayu

0

KALTARAONE.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum dan Bupati Bulungan, Syarwani terlibat adu balap kendaraan bermotor di Sirkuit Balap Bumi Rahayu pada, Ahad (23/1/2022). Adu balap itu merupakan salah satu rangkaian pembukaan Open Race Bulungan Cup yang digelar oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bulungan pada tahun ini.

Pada prosesi pembukaan Gubernur bersama Wakil Gubernur (Wagub) Dr. Yansen TP, M.Si hadir menyaksikan langsung talenta pebalap muda yang ada di Kabupaten Bulungan. Dalam sambutannya Gubernur mengapresiasi panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan kejuaraan ini.

“Saya titip salam kepada anak-anakku millenial sekalian. Yang hobi balap-balap motor di jalan, di sini tempatnya kalian balap tunjukan prestasi di sini. Ada sirkuit yang begitu bagus untuk membuka bakat-bakat terpendam, yang selama ini tidak berani menjadi berani (balap motor, red) melihat perlombaan-perlombaan dari kemarin sampai hari ini,” jelas Gubernur.

Gubernur juga mengapresiasi pebalap-pebalap yang hadir hingga dari luar Kaltara yang ikut berpartisipasi dan mengungkapkan niatnya untuk menyelenggarakan kejuaraan yang lebih besar.

“Terima kasih untuk saudara-saudara saya dari Kalimantan Timur dan Jawa yang ikut mengambil bagian pada kejuaraan ini. Insya Allah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77 nanti kita akan mengundang pebalap nasional untuk hadir ikut kejuaraan di sini,” terang Gubernur

Gubernur juga optimis para pebalap yang mengikuti kejuaraan ini dapat menumbuhkan talenta baru dalam dunia otomotif tersebut.

“Saya lihat cukup menjanjikan. Mudah-mudahan para riders kita yang mengukir prestasi pada kejuaraan ini, bisa membawa nama Kaltara di ajang nasional maupun internasional. Akhir tahun ada Piala Presiden, kita akan bawa mereka untuk adu kemahiran,” tuturnya.

Gubernur juga menangkap peluang besar kesiapan Kaltara untuk melaksanakan kejuaraan yang lebih besar. Dirinya mendukung penuh IMI dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dalam menjaring dan membina bibit pebalap di Kaltara.

“Saya bangga melihat panitia yang melaksanakan kegiatan ini, saya yakin bisa melaksanakan event-event nasional. Nanti kita akan perbaiki ini (sirkuit, red) untuk race-nya sehingga lebih bagus lagi,” ungkapnya

Sementara itu Bupati Bulungan mengucap syukur atas kelancaran acara kejuaraan balap yang pertama kali dilakukan setelah vakum sekian tahun.

“Alhamdulillah banyak diminati setelah sekian tahun vakum, bukan hanya rider-rider Kaltara termasuk juga Kaltim dan Pulau Jawa ini langkah awal setelah berdiskusi banyak dengan Pak Gubernur dan Pak Wagub. Seperti yang dikatakan Pak Gubernur dalam sambutannya bahwa akan digelar lagi kegiatan serupa di bulan Agustus dan September di tempat ini,” jelasnya.

Bupati Syarwani akan berkolaborasi bersama IMI untuk membuka sekolah balap di Kaltara serta mengungkapkan atensi Gubernur Zainal yang tertuju pada perbaikan infrastruktur arena balap.

“Target kita ke depan bisa menghadirkan sekolah balap motor, untuk menyiapkan atlet motor yang ada di Bulungan dan Kaltara pada umumnya. Infrastruktur lintasan jadi atensi saat sharing bersama Pak Gubernur, karena ini ada 1.400 meter melalui Pemerintah Provinsi untuk bekerjasama memperbaiki lintasan dengan pembagian 700 Pemkab dan 700 Pemprov,” pungkasnya.

Ketua IMI Bulungan, Vikri H. Romansyah mengungkapkan besarnya dukungan Gubernur dan Bupati untuk perbaikan infrastuktur balap hal ini melihat efek domino dari sebuah event untuk menggairahkan kembali ekonomi masyarkat.

“Melihat dampaknya dari dua hari ini, ekonomi masyarakat contohnya UMKM yang ikut serta dari para penonton yang hadir. Penonton yang hadir sudah sesuai ekspektasi bahkan lebih. kedepan kita akan berkolaborasi dengan saudara dekat kita, senior kita Rudy Salim asal Kaltim,” ungkap Vikri untuk mengasah talenta Kaltara didunia balap motor.

Rudy Salim pembalap nasional asal Benua Etam, berterima kasih kepada IMI Bulungan yang telah menyelenggarakan kejuaraan balap motor.

“Terima kasih pada korwil IMI Bulungan. Karena balap motor sangat minim, karena dampak pandemi, sementara antusias tinggi,” pungkasnya singkat.

Pada momen tersebut Gubernur, Bupati Syarwani, dan Ketua IMI Bulungan serta beberapa tamu lainnya diberikan kesempatan adu kecepatan menjajal sirkuit tersebut. (Chai/DKISPKaltara).