Komunitas Warga Intraca Gelar Donor Darah

0

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Aksi sosial donor darah diagendakan setiap 3 bulan oleh Komunitas Warga Intraca. Kegiatan diadakan di Masjid Darul Hikmah Blok C3  BTN Intraca Juata Permai, Minggu (16/01/2021).

Nurdin koordinator kegiatan menjelaskan, “donor darah kita laksanakan rutin setiap 2,5 bulan sampai 3 bulan. Kita merasa terpanggil ingin membantu sesama dan PMI dalam ketersediaan kantong darah, selain juga antusias dari kawan- kawan yang rutin mendonorkan darahnya”. jelasnya

“Kadang dari kawan-kawan mengingatkan kita, ini sudah waktunya nih. Kita rapat di WAG kumpul-kumpul kecil lalu diatur jadwalnya. Semua partisipasi sendiri, mulai persiapan dan pelaksanaan, kita patunganlah”, tambah Nurdin.

Sebagai koordinator Nurdin bersyukur antusias warga yang ikut donor cukup tinggi. “Allhamdulilah sampai pukul 11.30 sudah terkumpul 51 kantong darah, kita mulai jam 8.30”, ungkapnya

Terpisah Humas PMI Furqon saat ditanya kaltaraone menyampaikan, “Kami sangat senang dan terbantu dengan kegiatan ini, tinggi nya antusias masyarakat membantu PMI. Donor darah sangat membantu masyarakat yang membutuhkannya”.

Unit Transfusi Darah PMI Tarakan, Foto : Kaltaraone.com

Masalah ketersediaan jumlah kantong darah di PMI Furqon menjelaskan tergantung kebutuhan. “Setiap bulan selalu berubah kadang golongan darah AB kosong,atau yang lainnya.kami harapkan dengan kegiatan ini kita jemput bola .masyarakat juga tidak perlu ke kantor PMI”, tuturnya.

Furqon menambahkan batasan umur bagi pendonor darah pertama kali minimal 17 tahun dan maksimal 47 tahun,dikecualikan yang rutin mendonorkan darah bisa sampai umur 60 tahun.

“Mengenai prosedur permintaan kegiatan donor darah sangat mudah cukup hubungan nomor telpon 081226174855 atau bersurat pasti akan kami tindak lanjuti”, pungkasnya. (Joe)