Bunyu Diperjuangkan Masuk Program Tol Laut

0

KALTARAONE.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum mengusulkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Dapil Kaltara untuk memperjuangkan Pulau Bunyu menjadi jalur tol laut. Hal ini disampaikannya bersamaan dengan dimulainya pemancangan Dermaga Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan, Rabu (21/4/2022) lalu.

“Saya mohon bantuannya, agar memasukkan Pulau Bunyu ke dalam jalur tol laut. Tujuannya adalah untuk menekan harga sembako di Bunyu,”kata Gubernur.

Permintaan Gubernur ini langsung disanggupi anggota Fraksi PDI Perjuangan Deddy Sitorus yang ikut dalam agenda pemancangan tersebut. Ia berjanji akan menemui kembali Menteri Perhubungan untuk membahas tol laut.

“Saya akan mengajak Gubernur dan beberapa kepala daerah di Kaltara untuk ketemu Menhub. Nanti dipertemuan itu akan kita sampaikan soal tol laut,” jelasnya.

Tol Laut merupakan program pengangkutan logistik laut untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan di nusantara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut.

Tujuannya dikatakan untuk mengurangi disparitas harga antar wilayah, antar pulau, antar daerah serta memangkas biaya logistik yang mahal. (dkisp)