Awas! Penipuan Lowongan Pekerjaan Kerja Catut Swiss-Belhotel Tarakan

Modus Penipuan Lowongan Pekerjaan, Foto : Istimewa

KALTARAONE.COM, TARAKAN, Modus penipuan makin beragam. Kali ini menggunakan iklan lowongan pekerjaan. Upaya tersebut nyaris berhasil jika calon korban tidak teliti dan tidak melakukan pengecekan secara langsung ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Kali ini, Penipu mencatut nama Swiss-Belhotel Tarakan. Lowongan pekerjaan tersebut tersebar di sosial media seperti grup Facebook dan Whatsapp. Akibatnya, nyaris ada calon korban yang tertipu.

Bagian Personalia Swiss BelHotel Tarakan Bapak Touner Gerald Parapat menyampaikan akun yang mengatasnamakan Swiss-Belinn Tarakan dan memberikan informasi lowongan pekerjaan tersebut adalah tidak benar atau hoax.

“Saat ini kami tidak membuka lowongan pekerjaan dan tidak meminta sepeser pun dari pelamar pekerjaan. Wawancara yang dilakukan juga bersifat tatap muka, bukan melalui kontak Whastsapp”, ujarnya kepada Kaltaraone.com, Sabtu (09/04/22).

Penipu tersebut menawarkan beberapa posisi yakni¬† Cleaning Service, Housekeeping, Staff Dapur dan Waiters. Agar lebih memudahkan proses penipuan dicatumkan pula alamat email : [email protected] dan Whatsapp 0895-3854-56469.

“Ada calon korban yang mengirimkan kami email, menanyakan perihal kapan interviewnya. Saya langsung tindaklanjuti dengan menghubungi calon korban dan mengkonfirmasi bahwa saat ini kami tidak membuka lowogan pekerjaan”, tambahnya.

Percakapan Calon Korban dan Penipu melalui Whatsapp, Foto : Istimewa

Saat dihubungi, Nomor yang dipasang tersebut tidak aktif. Nomor tersebut hanya bisa dihubungi melalui aplikasi Whatsapp dengan mengirim pesan, namun tidak bisa ditelepon.

“Masyarakat dihimbau supaya berhati-hati terhadap modus penipuan seperti ini. Khawatirnya, nanti pelaku akan mengatasnamakan perusahaan lain dalam penipuan berikutnya”, pungkasnya. (ddi)